Rahasia Bikin Artikel ‘SEO Friendly’ yang Memikat

Rahasia Bikin Artikel ‘SEO Friendly’ yang Memikat 1

Giberakata.com | Peran artikel SEO dalam mendongkrak trafik tak diragukan lagi. Namun, tak semua penulis mampu membuat artikel ramah SEO yang memikat.

Guna menghasilkan artikel SEO yang ampuh dan menarik, seorang penulis perlu menguasai beberapa langkah rahasia, yakni sebagai berikut.

 

Riset kata kunci

Seperti namanya, kata kunci adalah salah satu kunci terpenting untuk membuat artikel yang ramah SEO. Agar artikel Anda mendapatkan banyak pembaca dan trafik tinggi, Anda perlu menyiapkan kata kunci yang ditargetkan. Oleh karena itu, meneliti kata kunci yang populer dan berkinerja sangat penting.

Kata kunci populer yang tidak diulas secara luas di situs lain cenderung menempati peringkat #1 di halaman Anda di Google. Anda dapat menggunakan alat penelitian kata kunci gratis seperti Google Trends, Ubersuggest, dan KWFinder. Penyebutan kata kunci

Baca Juga:

Cara Ampuh Bikin Artikel SEO Friendly Biar Dapat Ranking Google

Artikel SEO: Untuk Apa dan Bagaimana Cara Bikinnya?

 

Untuk menulis artikel yang SEO-friendly, kata kunci harus disebutkan beberapa kali. Namun, mengulang terlalu banyak kata kunci juga tidak disarankan, lantaran jadi kurang enak dibaca.

Sebutan kata kunci biasanya menghasilkan sekitar 0,5 hingga 1 jumlah kata dalam sebuah artikel. Misalnya, artikel 1000 kata mengulangi kata kunci 5-10 kali. Penempatan kata kunci juga harus merata di seluruh badan teks dan tidak menumpuk di satu tempat.

Pengoptimalan judul artikel

Saat membuat artikel yang SEO-friendly, Anda harus mempertimbangkan judul artikel atau heading1. Pertimbangkan untuk memasukkan kata kunci Anda dalam judul artikel Anda, selain judul yang menarik yang relevan dengan isi artikel Anda.

Juga, perhatikan panjang judul artikel karena mempengaruhi algoritma mesin pencari. Judul yang terlalu pendek atau terlalu panjang akan menurunkan kinerja artikel Anda oleh mesin pencari. Coba judul artikel 60-75 karakter termasuk kata kunci target Anda.

Gunakan subtitle

Memiliki subheading atau heading 2 dan 3 bisa sangat membantu dalam membuat artikel yang SEO friendly. Selain itu, artikel dalam format listicle telah terbukti berkinerja lebih baik dengan algoritme mesin telusur.

Anda harus menyusun artikel Anda sehingga mudah dipahami oleh pembaca Anda. Sebaiknya sertakan paragraf berimbang untuk setiap subjudul, dan tidak bertele-tele.

Optimasi Gambar

Adanya gambar ilustrasi atau foto pada artikel akan menambah ketertarikan pembaca. Selain itu, penempatan gambar pada badan artikel juga berfungsi sebagai jeda bagi pembaca agar terhindar dari kebosanan dan kelelahan saat membaca artikel.

Tahukah Anda bahwa gambar juga dapat dioptimasi untuk mendukung pembuatan artikel yang SEO friendly? Sebelum mengunggah file gambar ke website, sebaiknya Anda mengubah dulu nama file sesuai kata kunci artikel. Kemudian, Anda perlu menyertakan penyebutan keyword pada keterangan gambar dan ALT image.

Setelah menulis artikel SEO friendly, Anda dapat menerapkan teknik SEO on page lainnya, seperti menambahkan eksternal link dan internal link pada badan artikel yang telah dibuat. Pastikan tautan yang Anda sematkan menuju artikel yang relevan dengan artikel Anda, sehingga performa konten semakin layak menempati peringkat pertama Google.

Menulis artikel yang ramah SEO tidak berarti menulis dengan cara yang membuat mesin pencari mengabaikan kualitas artikel. Dengan latihan dan pengalaman tambahan, Anda dapat menulis salinan yang bagus, mudah dibaca, dan ramah SEO. (*)

Baca Juga: 

Cara Dongkrak Semangat saat Motivasi Menulis Lagi Ngedrop

Jadi Musuh Penulis, Ini Dia Cara Perangi Writer’s Block

Tanggapan