Cara Ampuh Bikin Artikel SEO Friendly Biar Dapat Ranking Google

Cara Ampuh Bikin Artikel SEO Friendly Biar Dapat Ranking Google 1

Giberakata.com | Di era transformasi digital seperti sekarang, menulis artikel yang bagus saja tidak cukup. Para penulis harus siap berlomba agar mendapatkan peringkat #1 di hasil pencarian Google.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan, coba deh pelajari kembali tentang Search Engine Optimization (SEO). Setelah itu, mulailah menulis artikel yang SEO friendly. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis artikel yang SEO-friendly. Yuk simak!

  1. Ketahui informasi yang paling banyak dicari

Ketahui juga tren sebelum menulis artikel yang ramah SEO.  Penting untuk memilih topik yang mudah dibicarakan dan sedang disukai banyak orang.

  1. Memilih kata kunci yang tepat

Kata kunci yang tepat dapat memengaruhi hasil yang Anda dapatkan.

Riset kata kunci adalah langkah penting karena dapat memengaruhi kinerja situs web Anda. Proses ini untuk mencari kata kunci yang berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

Saat ini sudah banyak alat penelitian kata kunci yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat dengan mudah. Cek deh di google.

  1. Judul yang menarik

Untuk menulis artikel yang SEO friendly, Anda harus memulai dengan judul yang menarik.

Buatlah judul yang berhubungan dengan isi artikel Anda.  Orang akan melanjutkan membaca artikel Anda setelah melihat judulnya. Jadi, bubuhkanlah judul yang menarik. Dengan kata lain, Anda harus memberikan judul yang menawarkan manfaat atau solusi, tapi tidak bertele-tele.

 

Baca juga:  Tips Sukses Jadi Penulis Artikel SEO

 

  1. Buatlah struktur kalimat yang jelas

Struktur kalimat yang baik dan jelas memudahkan Google untuk melacak artikel Anda.

Struktur artikel membantu pengunjung lebih memahami isi artikel Anda. Kita semua tahu bahwa struktur artikel memiliki awal, tubuh, dan kesimpulan.

Paragraf pendahuluan memberikan latar belakang dan tujuan penulisan, isi merupakan penjelasan utama dari topik yang sedang dibahas, dan kesimpulan merupakan rangkuman dari keseluruhan artikel.

Di sisi lain, menambahkan subjudul adalah ide bagus untuk menarik perhatian pembaca ke artikel Anda. Subjudul adalah poin utama bacaan Anda. Itulah mengapa kehadirannya sangat penting.

  1. Pengoptimalan gambar

Untuk menulis artikel yang SEO friendly, Anda perlu melampirkan gambar yang dioptimalkan. Pastikan gambar sesuai dengan narasi konten, dan cukup eye catching, sehingga baru melihat gambarnya saja, pembaca langsung tertarik untuk menenggelamkan diri ke dalam artikel SEO Anda.

  1. Gunakan kalimat pembuka yang menarik

Tidak hanya judul yang menarik perhatian pembaca, tetapi kalimat pembuka juga sangat berpengaruh. Jadi buatlah kalimat pembuka semenarik mungkin sehingga ketika pembaca mulai membaca judul dan paragraf pertama, mereka akan lebih tertarik dan akhirnya membaca sampai akhir.

  1. Paragraf yang tidak terlalu panjang

Paragraf yang terlalu panjang tidak disarankan untuk artikel ramah SEO.  Jangan membuat lebih dari 5 baris per paragraf.

Pembaca biasanya menemukan bahwa terlalu banyak kalimat dalam sebuah paragraf mengalihkan perhatian mereka, jadi buatlah lebih sederhana, seperti membuat paragraf menjadi 150 kata atau kurang. Ini juga membantu membuat artikel Anda jadi ‘lebih SEO’

  1. Gunakan tautan internal dan eksternal

Gunakan tautan internal dan eksternal sesuai kebutuhan untuk memberikan konteks artikel Anda.

Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama. Ini memungkinkan Google untuk mengindeks situs Anda dan memahami konteks artikel Anda. Membuat tautan internal dapat sangat membantu dalam membantu pengunjung memahami lebih banyak tentang topik yang Anda bicarakan. Tautan eksternal memiliki kemampuan untuk lebih meyakinkan pembaca dan menyempurnakan deskripsi artikel Anda.

  1. Perhatikan panjang artikel

Menulis artikel SEO-friendly sebaiknya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Umumnya 400-1000 kata, dan berisi informasi yang mudah dipahami pembaca.

  1. Promosi artikel

Promosikan produk Anda di media sosial. Jangan takut atau malu untuk menyebarkan artikel SEO Anda. Anda juga perlu mempromosikan artikel Anda untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Bagikan tautan artikel di media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, LinkedIn. Atau, bisa juga Anda menggunakan iklan berbayar.

Siap menulis artikel yang SEO friendly? Coba dulu sembari belajar, ya.

Tapi, jika Anda merasa galau dari mana harus mulai menulis, atau tak punya banyak waktu untuk memilih kata-kata yang mantap, maka tak perlu stres, jasa penulisan artikel Gibera Kata siap membantu Anda, membuatkan berbagai jenis artikel paling keren yang Anda butuhkan. Tahu-tahu rampung deh, pokoknya.

Tak hanya melayani pembuatan artikel ilmiah populer atau opini, jasa penulisan artikel Gibera Kata juga siap mengerjakan artikel SEO, copywriting, dan deskripsi produk untuk website Anda, dengan harga bersaing. Ada diskon pula. Cek saja di www.giberakata.com atau konsultasi via WA di 0831-2772-4761. Yuk, hubungi sekarang!

Tanggapan