MENU
  • 0 Produk - Rp 0
  • Cara Membuat Deskripsi Produk yang Memukau

    Bagi toko online, deskripsi produk merupakan hal yang krusial, lantaran bisa memengaruhi tingkat konversi penjualan. Karenanya, mau tak mau, penyajian deskripsi produk haruslah menarik dan mampu menarik minat pembeli .

    Pada dasarnya, deskripsi produk harus memiliki kemampuan untuk:

    1. Menyentuh pembeli secara emosional.
    2. Memukau pengunjung website sehingga berpikir untuk membeli produk
    3. Memberikan paparan jelas tapi singkat mengenai produk.
    4. Mendongkrak konversi penjualan.

     

    Lalu, bagaimana cara membuat deskripsi produk yang efektif dan mampu memukau pembeli? Nah, ini langkah-langkah yang disarankan Gibera Kata.

     

    1. Pastikan menggunakan bahasa yang sesuai dengan segmen pasar

    Pahami karakter target pasar. Apakah merupakan segmen anak muda, wanita karir, ibu rumah tangga, ataukah kaum pria dewasa. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan gaya penulisan deskripsi yang pas.

     

    1. Gunakan bahasa sederhana

    Deskripsi produk memang harus menarik. Namun, bukan berarti harus menggunakan berbagai istilah yang rumit sebagaimana terdapat dalam kemasan produk.

    Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh kaum awam, komunikatif dan efisien.

    Umumnya, pengunjung website enggan membaca deskripsi produk bergaya salin tempel dari kotak kemasan, kaku, miskin kosakata yang menarik, apalagi jika banyak disisipi istilah teknis yang njelimet.

     

    1. Fokuskan penjelasan pada manfaat

    Fitur yang lengkap memang merupakan faktor yang bisa jadi daya tarik pembeli. Namun, membahas terlalu banyak fitur dan kurang memberikan perhatian pada manfaat produk merupakan kesalahan yang mengganggu.

    Selalu gunakan sudut pandang calon konsumen ketika membuat paparan produk. Jangan abaikan informasi yang dicari konsumen. Fokuskan pada manfaat dan berbagai informasi yang bisa memberikan solusi atas masalah calon konsumen.

     

    1. Ramah Pembaca dan Ramah SEO

    Deskripsi produk juga harus ramah terhadap pembaca atau pengunjung situs. Selain memaparkan manfaat, perlu disisipkan juga berbagai kelebihan produk, seperti keunikan, kualitas, dan manfaat yang bisa langsung didapatkan.

    Tambahkan pula informasi ukuran, warna, bahan, dan varian produk. Agar mudah dipahami pembaca, urutkanlah ppoin-poin yang dianggap penting.

    Deskripsi produk sebaiknya ramah SEO, dengan menyisipkan kata kunci atau keyword ke dalam tittle tag, heading, image caption, meta description, dan tulisan deskripsi secara proporsional dan tanpa memaksakan, agar enak dibaca.

     

    1. Deskripsi Unik

    Buatlah deskripsi produk yang unik, dan memiliki perbedaan untuk masing-masing produk. Deskripsi yang datar tak akan menarik perhatian pengunjung, terlebih jika toko online yang bersangkutan menjual banyak produk dengan jenis yang berbeda-beda.

    Deskripsi yang unik juga berpotensi memperkuat peringkat dalam mesin pencari google.

     

    1. Tidak Bertele-tele

    Gunakanlah kata-kata singkat, lugas, dan tidak bertele-tele, agar pengunjung situs tidak merasa jenuh dan tertarik untuk terus membaca deskripsi hingga selesai.

    Hindari menggunakan kata atau kalimat tidak efektif, atau menjelaskan hal yang sama berkali-kali.

     

    Demikian cara membuat deskripsi produk yang menarik. Salam sukses dari Gibera Kata-Jasa Penulisan Konten Berkualitas. (*)

    Tanggapan