Wajib Tahu, Ini Manfaat Backlink buat Visibilitas Pencarian

Wajib Tahu, Ini Manfaat Backlink buat Visibilitas Pencarian 1

Giberakata.com | Ketika sedang mempelajari SEO, pemahaman mengenai backlink menjadi hal yang penting. Bagi mereka yang masih baru atau pemula, mungkin merasa bingung atau belum sepenuhnya memahami konsep backlink.

Jadi, bagi mereka yang penasaran dengan definisi backlink, artikel berikut akan membahas secara lebih mendalam mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan backlink. Ayo, ikuti penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Apa itu Backlink?

Backlink (atau juga dikenal sebagai “inbound link” atau “tautan satu arah”) merupakan  tautan yang bersumber dari sebuah situs web ke sebuah halaman situs web lain.

Google dan mesin pencari utama lainnya menganggap backlink sebagai bentuk “suara” atau dukungan untuk halaman tertentu. Halaman yang mendapatkan banyak backlink umumnya memiliki peringkat lebih tinggi di hasil pencarian seperti Google.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, backlink memiliki nilai yang sangat penting dalam strategi SEO karena mereka mencerminkan “suara percaya” dari satu situs ke situs lainnya.

Dengan kata lain, backlink menuju situs Anda menjadi indikator bagi mesin pencari lainnya bahwa konten Anda memiliki kualitas dan relevansi.

Jika banyak situs yang memberikan tautan ke halaman yang sama, mesin pencari dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak mendapat peringkat tinggi pada halaman pertama untuk kata kunci terkait.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian. Selain itu, backlink juga memiliki banyak manfaat. Manfaatnya dapat diketahui dengan simak terus di artikel berikut.

Elemen-elemen yang terdapat dalam backlink, di antaranya adalah:

Tag Link

Tag link ini sering disebut sebagai tag anchor, biasanya dimulai dengan simbol atau huruf “<a”.

Tag link berfungsi sebagai bagian pembuka pada tag backlink dan memberikan informasi kepada mesin pencari. Selain itu, komponen ini juga digunakan untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain.

Anchor Text

Komponen ini adalah anchor yang terlihat oleh pengguna dan terletak di halaman website.

Ketika pengguna mengklik anchor tersebut, mereka langsung diarahkan ke halaman link referral. Umumnya, anchor ini memiliki format teks biasa dan sering ditampilkan dalam warna biru dengan garis bawah.

Format ini membantu pengguna mengidentifikasi bahwa anchor tersebut merupakan tautan ke halaman tertentu.

Link Referral Location

Komponen ketiga adalah link referral location. Umumnya dimulai dengan kode “href” yang merupakan singkatan dari “hyperlink referral”.

Closure of Link Tag

Closure of link tag adalah komponen terakhir yang digunakan untuk memberi tanda pada mesin pencari bahwa ini adalah akhir dari backlink yang terpasang di situs web. Format umum untuk closure of link tag adalah “</a>”.

Ada beberapa jenis backlink yang bisa digunakan untuk mengoptimasi website kamu di mesin pencari. Backlink ini digunakan secara bersamaan sehingga optimasi website kamu bisa berjalan secara maksimal. Di antaranya adalah:

Backlink Kontekstual

Backlink kontekstual ini sangat sederhana dan dapat dibuat dengan mudah. Caranya, Anda hanya perlu membuat artikel atau postingan, kemudian menyisipkan tautan yang mengarah ke situs web.

Umumnya, backlink kontekstual digunakan ketika ada bagian dari konten atau artikel yang merujuk atau berasal dari situs web tersebut.

Backlink Komentar Blog

Jenis backlink ini memanfaatkan fitur kolom komentar pada blog atau situs web orang lain untuk memasukkan tautan ke situs web Anda.

Namun, tidak semua blog atau situs web cocok sebagai sarana promosi backlink ini. Situs web yang dijadikan target untuk backlink harus memiliki tema yang relevan dengan situs web Anda.

Selain itu, semakin sedikit orang yang memberikan komentar di situs web tersebut, semakin tinggi peluang agar situs web Anda diperhatikan oleh pengunjung situs tersebut.

Backlink Profil Tautan

Backlink ini juga termasuk yang mudah diperoleh. Caranya, Anda perlu membuat profil, baik itu di media sosial, situs bisnis, direktori industri, atau situs ulasan.

Kemudian, isi biodata profil dengan mencantumkan alamat situs web atau blog yang Anda miliki. Dengan begitu, situs web atau blog Anda akan mendapatkan backlink dari tautan profil yang Anda miliki.

Backlink Penanda Sosial

Backlink penanda sosial merupakan suatu platform atau tempat untuk menyimpan sejumlah tautan situs web.

Jenis backlink ini sangat populer, sehingga sering terjadi spam backlink melalui platform tersebut. Sebagai hasilnya, pengguna harus mematuhi beberapa syarat dan ketentuan yang rumit hanya untuk mendapatkan backlink untuk situs web mereka.

Blogroll backlink

Backlink Blogroll dulunya sangat diminati oleh blogger veteran, terutama mereka yang menggunakan Blogspot atau WordPress. Di halaman website atau blog, terdapat sidebar yang berisi daftar blogroll dari pengunjung.

Namun, sayangnya, fitur blogroll tidak lagi populer saat ini karena disarankan agar situs web bersih dari widget yang tidak diperlukan.

Backlink Berbagi Dokumen atau Gambar

Backlink Berbagi Dokumen atau Gambar ini menggunakan fitur seperti berbagi dokumen atau gambar untuk memperoleh backlink.

Tentu saja, dokumen atau gambar yang dibagikan harus diunggah terlebih dahulu agar terhubung dengan situs web Anda.

Ketika mengedit dokumen, cukup sisipkan tautan yang mengarah ke situs web. Sedangkan ketika mengunggah gambar, Anda dapat langsung menyertakan situs web Anda di kolom deskripsi gambar tersebut.

Backlink Melalui Media Sosial

Backlink Melalui Media Sosial memanfaatkan akun media sosial untuk mendapatkan backlink ke situs web atau blog Anda. Seperti halnya backlink profil tautan, Anda dapat menggunakan kolom website untuk menautkan situs web Anda.

Seperti Instagram, kamu bisa menggunakan fitur swipe up untuk menaruh link website dan memperoleh backlink di dalamnya.

ika Anda merupakan seorang freelancer atau blogger yang aktif terlibat dalam proyek-proyek di situs web lain, Anda dapat menempatkan tautan menuju blog atau situs web Anda di bagian footer situs tersebut.

Tentu saja, situs web yang Anda pilih untuk diberi backlink juga perlu dioptimalkan agar dapat menerima kunjungan dengan maksimal.

Sayangnya, penggunaan footer backlink tidak lagi umum karena dianggap kurang efektif.

Selain dari perspektif SEO, backlink juga memiliki sejumlah manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan backlink untuk situs Anda:

Membangun Otoritas Website

Backlink sangat bermanfaat untuk membangun otoritas website, karena dengan mendapatkan mendapatkan link di berbagai situs populer akan sangat bagus untuk SEO situs kamu, lalu mereka juga akan membantu untuk membangun otoritas merek.

Di sisi lain, dengan menggunakan backlink, pihak Google akan melihat jika link kamu telah memberikan informasi yang berguna, dan konsumen pun akan melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa brand kamu adalah salah satu yang perlu untuk diperhitungkan.

Jangan kamu anggap bila lalu lintas web itu hanya berasal dari pencarian di Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari lain. Peran backlink juga sangat signifikan untuk mengarahkan pembaca untuk singgah di portal web kamu.

Link dengan kualitas tinggi di website dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs kamu, tetapi juga mereka bisa mengarahkan lalu lintas dengan target ke situs Web kamu sepanjang waktu.

Sebuah link tunggal pada situs web populer dapat terus mendorong lalu lintas ke situs web selama bertahun-tahun.

Sebagai pusat informasi, tentu Google banyak dikunjungi orang-orang.

Terlebih bila konten yang kamu berikan bersifat informatif dan backlink yang kamu berikan berkualitas maka akan selalu di klik orang selama bertahun-tahun selama konten itu masih relevan.

Itulah sedikit manfaat dari peran backlink yang sangat penting untuk website kamu. Selalu gunakan backlink yang berkualitas agar website yang kamu bangun terus berada di puncak pencarian Google.

Meningkatkan Rank pada Website

Tidak hanya untuk meningkatkan lalu lintas, keberadaan backlink juga memiliki potensi untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian Google.

Oleh karena itu, Google akan mengevaluasi kualitas dari setiap backlink yang dimiliki.

Jika backlink tersebut tidak memenuhi standar kualitas, konsekuensinya dapat berupa penalti yang menyebabkan penurunan signifikan dalam peringkat blog Anda.

Ini juga termasuk dalam tips mencari backlink yang memiliki kualitas yang baik.

Apakah backlink memiliki peran penting dalam SEO? Jawabannya sangat penting, karena sebagaimana telah dibahas sebelumnya, backlink memiliki peran utama dalam meningkatkan visibilitas dan popularitas sebuah situs web.

Secara fundamental, backlink memiliki dampak signifikan pada kualitas suatu situs web di mesin pencari Google.

Backlink menjadi salah satu faktor terkunci dalam pertumbuhan situs web.

Untuk mencapai hasil optimal bagi situs web Anda, mendapatkan backlink dari situs-situs terpercaya dan menciptakan konten yang layak disebarluaskan oleh orang lain adalah suatu keharusan. ***

Tanggapan