Pengen Nulis Tapi Otak Lagi Beku, Ini Tipsnya!

Pengen Nulis Tapi Otak Lagi Beku, Ini Tipsnya! 1

Giberakata.com | Menulis itu ibarat olahraga buat otak. Kadang semangat, kadang malas.

Tapi gimana kalau otak lagi beku? Tenang, bro dan sis, jangan keburu panik.

Kali ini, Gibera Kata bakal mengupas tips menulis yang bikin otak beku jadi cair lagi. Yuk, simak.

📍 Jangan Dipaksa, Santai Dulu

Pertama-tama, kalau otak lagi beku, jangan dipaksa buat nulis. Malah nanti tambah stres. Ambil napas dalam-dalam, jalan-jalan sebentar, atau dengerin musik favorit. Santai aja. Otak butuh waktu buat relaksasi.

📍Ciptakan Suasana Nyaman

Lingkungan yang nyaman itu penting banget. Cari tempat yang bikin kamu nyaman dan fokus. Bisa di kamar, kafe, atau taman. Jangan lupa siapkan kopi atau teh, cemilan, dan segala yang kamu butuhkan biar makin betah.

📍Baca Artikel atau Buku

Kadang, inspirasi datang dari bacaan. Luangkan waktu untuk membaca artikel atau buku yang sesuai dengan topik yang pengen kamu tulis. Dari situ, ide-ide baru bakal muncul dan otakmu jadi lebih segar.

📍Mulai dengan Brainstorming

Jangan langsung nulis. Coba brainstorming dulu. Tuliskan semua ide yang muncul di kepala tanpa berpikir panjang.

Bebaskan diri untuk menuangkan segala yang ada di otak. Dari sini, kamu bisa pilih ide-ide terbaik buat artikelmu.

📍 Gunakan Outline

Outline itu peta buat artikelmu. Buat kerangka tulisan yang jelas, mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup.

Dengan outline, kamu gak akan bingung harus nulis apa selanjutnya. Ini juga bantu biar tulisanmu tetap terstruktur.

📍Buang Keraguan

Menulis itu proses. Jangan takut buat bikin kesalahan. Tulislah apa yang ada di pikiranmu dulu.

Nanti, setelah selesai, kamu bisa revisi dan perbaiki. Ingat, draft pertama gak harus sempurna.

📍Cari Waktu Terbaik

Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda. Ada yang lebih jago nulis di pagi hari, ada juga yang lebih kreatif di malam hari.

Temukan waktu terbaikmu dan manfaatkan saat-saat itu buat menulis.

📍Gunakan Teknik Free Writing

Free writing itu teknik nulis tanpa henti selama beberapa menit. Tujuannya buat melatih otak agar tetap mengalirkan ide-ide.

Set timer selama 10-15 menit, lalu tulis apa pun yang muncul di kepala. Jangan berhenti atau berpikir terlalu lama.

📍Jangan Hukum Dirimu

Kadang, kita terlalu keras pada diri sendiri. Inginnya semua harus sempurna, langsung jadi masterpiece. Tapi, menulis itu proses belajar. Jangan terlalu keras, apalagi sampai menghukum diri sendiri. Semua ada prosesnya.

📍Temukan Inspirasi dari Sekitar

Cobalah untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Inspirasi bisa datang dari mana saja: obrolan dengan teman, pemandangan di jalan, atau bahkan dari media sosial.

Catat setiap ide yang muncul di notebook atau aplikasi catatan di smartphone.

📍Buat Target Harian

Bikin target harian yang realistis. Misalnya, tulis minimal 300 kata per hari.

Dengan target kecil tapi konsisten, artikel panjang bisa selesai tanpa terasa berat. Ini juga bikin kamu tetap disiplin dalam menulis.

📍Manfaatkan Teknologi

Gunakan aplikasi atau alat bantu menulis yang bisa membantumu lebih produktif. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu brainstorming, mengatur waktu, atau bahkan memeriksa tata bahasa.

Teknologi bisa jadi teman baikmu dalam menulis.

📍Libatkan Teman atau Komunitas

Kadang, berdiskusi dengan teman atau bergabung dengan komunitas menulis bisa membantu mengatasi kebuntuan ide. Mereka bisa memberi masukan, kritik konstruktif, atau sekadar jadi teman sharing.

📍Jangan Lupa Istirahat

Menulis itu butuh energi. Kalau sudah merasa lelah, jangan paksakan diri. Ambil istirahat sejenak.

Tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga ringan bisa membantu mengembalikan stamina otakmu.

📍Selalu Evaluasi dan Belajar

Setelah selesai menulis, evaluasi tulisanmu. Baca kembali, perbaiki yang perlu, dan belajar dari setiap prosesnya. Makin sering kamu menulis, makin banyak kamu belajar dan makin baik hasil tulisanmu.

📍Jadikan Menulis Sebagai Kebiasaan

Yang terakhir, jadikan menulis sebagai kebiasaan. Semakin sering kamu menulis, semakin mudah ide-ide mengalir.

Disiplin dalam menulis akan membuatmu semakin terbiasa dan tidak mudah terkena writer’s block.

Jadi, kalau otak lagi beku dan ide nggak muncul-muncul, coba deh praktikkan tips-tips di atas.

Menulis itu soal proses dan kesabaran. Nikmati setiap langkahnya, dan jangan lupa bersenang-senang.

Siapa tahu, dari kebuntuan itu kamu justru bisa menciptakan tulisan yang luar biasa. Happy writing! [Che].🍀

Tanggapan