Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya

Giberakata.com | Menjalankan content marketing jadi tahap penting dalam upaya mempromosikan bisnis. Terlebih, pemasaran menggunakan konten memang disukai banyak orang.

Namun untuk mendapatkan manfaat maksimal dari konten yang digunakan, tentu saja harus relevan, menarik, dan konsisten. Lalu, apa saja sih manfaat content marketing dalam penerapan social media marketing?

Content Marketing

Content marketing dibuat dengan tujuan membangun hubungan dengan audiens dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, konten harus dibuat secara konsisten dengan tema yang relevan agar menimbulkan perasaan membutuhkan dari audiens.

Sedangkan Forbes menyatakan content marketing jadi strategi dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan, berharga, serta diunggah secara konsisten demi memikat perhatian target audience yang dituju.

Sedangkan manfaat konten dalam strategi marketing adalah:

Sarana Marketing yang Efektif

Manfaat pertama penerapan content marketing adalah sebagai sarana marketing yang efektif karena dapat menyampaikan value produk kepada konsumen lewat cara yang lebih menyenangkan dibanding cara hard selling dengan menyodorkan produk secara langsung yang mengganggu.

Media Promosi Jangka Panjang

Marketing konten sebagai media promosi jangka panjang mengingat setelah konten jadi, Anda bisa langsung menggunakannya berulang kali, tanpa batasan waktu, dan bisa digunakan untuk banyak platform.

Hanya saja, Anda perlu melakukan riset secara mendalam agar konten yang dihasilkan bersifat evergreen atau abadi, berbeda dengan konten yang dibuat karena sesuatu yang viral.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Konten yang dibuat pasti akan menampilkan profil produk, misal merek, tagline, value dan keunggulannya. Selain dapat dibagikan di mana pun tak terbatas pada banyaknya platform, Anda akan memperoleh manfaat dari menerapkan content marketing, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dari produk Anda.

Saat sebuah produk sudah menjadi top of mind atau yang langsung diingat saat menyebut jenis produk tertentu, tentu proses pemasarannya akan lebih mudah.

Meningkatkan Nilai Konversi

Bermula dari Anda yang rutin mengunggah konten media sosial, lambat laun konsumen akan mengenal produk Anda. Hal ini akan membentuk kesadaran merek atau brand awareness yang pastinya akan memberi pengaruh terhadap konversi, mulai dari peningkatan penjualan, penambahan jumlah followers, subscriber email berlangganan, dan sebagainya.

Nah, itu dia pemaparan mengenai pengertian dan manfaat content marketing dari Jasa Penulisan Artikel Gibera Kata. Semoga bermanfaat ya… (*)

Tanggapan