Leader Masa Kini Wajib Miliki Inovatif Skill

Giberakata.com | Dalam kegiatan yang melibatkan suatu tim atau kelompok, harus ada pemimpin yang menjadi kunci sukses dari kegiatan tersebut.

Guna meraih kesuksesan, pemimpin harus memiliki keterampilan inovasi yang kuat.

Kompetensi inovatif di sini mengacu pada kemampuan untuk berpikir dengan cara baru atau inovatif. Tentunya cara berpikir baru ini harus mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Tentu saja, menjadi seorang pemimpin yang inovatif membutuhkan lebih dari sekedar ciri-ciri seorang pemimpin yang sukses. Anda dapat belajar tanpa memandang latar belakang pendidikan, status sosial, ataupun usia.

Kepemimpinan Inovatif

Kemampuan berinovasi merupakan salah satu kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin, sehingga mereka yang ingin menjadi pemimpin yang sukses harus memahami dan menerapkan kualitas kepemimpinan yang inovatif. Untuk mencapai ini, berikut adalah beberapa hal inovatif yang dapat Anda mulai lakukan.

  1. Membangun rasa saling percaya

Ketika berbicara tentang konsep pemimpin inovasi, pertama-tama Anda membutuhkan kemampuan untuk membangun kepercayaan. Jika pemimpin sudah percaya dengan anggota tim yang dipimpinnya, maka semua orang yang dipimpinnya juga percaya padanya, dan terbentuklah tim kerja yang solid.

  1. Memiliki satu tujuan akhir

Proses ini merupakan sesuatu yang harus dilalui oleh setiap individu, baik dalam kehidupan maupun dalam kariernya. Agar proses berjalan seperti yang diharapkan, para pemimpin harus menetapkan tujuan prioritas dan inisiatif prioritas dengan para pemimpin.

Mengikuti tujuan akhir, manajer bebas untuk merumuskan tahap pengembangan dan membaginya ke dalam berbagai tingkat pekerjaan. Untuk melakukan ini, para pemimpin harus dilengkapi dengan mindset berkembang, keterampilan yang baik untuk membangun komunikasi dan kolaborasi di tempat kerja, dan yang paling penting, analisis masalah yang cerdas dan pengambilan keputusan yang akurat.

  1. Punya visi strategis

Dari pengertian inovasi yang dikaitkan dengan sosok seorang pemimpin, tentu masuk akal bahwa seorang pemimpin yang inovatif harus berguna dan menguntungkan. Tentu saja, jika Anda seorang pemimpin bisnis, Anda harus dapat mengembangkan visi strategis yang baik untuk hasil akhir dari inovasi yang diungkapkan. Selain hanya berbicara, pemimpin harus memiliki gambaran yang jelas tentang visi yang diinginkan dan cara mencapainya.

Dengan arah yang benar, para pemimpin biasanya membantu semua orang dalam tim bekerja sama untuk mencapai rencana tersebut. Ini membutuhkan pemimpin yang gesit secara strategis, prosedur operasi standar (SOP), dan pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip manajemen.

Seorang pemimpin yang baik harus mampu memberi contoh dalam kata-kata dan tindakan. Untuk itu, keterampilan berikutnya yang diperlukan adalah kemampuan memberikan motivasi dan inspirasi. Motivasi pemimpin yang baik dapat membuat pengikut tetap waspada dan bersemangat. Demikian juga jika pemimpin sangat merangsang dalam menyiapkan anggota kelompok untuk mengikuti instruksinya.

  1. Komunikasi terbuka

Seorang pemimpin bukanlah pemimpin yang baik jika dia berpikir dia hanya bisa memberi perintah dan terlalu sombong untuk menerima kritik. Pemimpin yang inovatif harus menguasai keterampilan komunikasi dengan semua orang. Kolega, bawahan, pelanggan, bahkan orang asing. Manajer harus mau berkomunikasi langsung dengan pelanggan, bahkan jika mereka terhubung secara internal.

Dengan berkomunikasi secara terbuka dengan semua orang, para pemimpin mendapatkan wawasan baru setiap hari. Menerima umpan balik tentang ide-ide yang diusulkan untuk menjaga pertumbuhan pemimpin. Jangan memanjakan diri Anda sebagai seorang pemimpin. Saya merasa baik tentang diri saya dan saya hanya ingin pendapat saya didengar tanpa orang lain. Melakukan hal itu dapat berarti kegagalan sebagai seorang pemimpin.

  1. Tim yang solid

Tentunya jika ingin menjadi pemimpin inovasi, Anda harus mempertimbangkan berbagai kendala. Anda harus tahu bahwa pemikiran inovatif sering dianggap liar, radikal, dan irasional oleh orang lain. Apalagi dengan regulasi dan sumber daya yang tidak mendukung, tentu sulit mewujudkan ide-ide kreatif tersebut. Oleh karena itu, Anda harus berpikir kreatif dan inovatif serta bekerja dengan dukungan tim yang kuat. Bagaimana? Membangun rasa saling percaya antar anggota, pengikut dan tentunya pemimpin. Ini adalah bagaimana pikiran liar diwujudkan dan menguntungkan.

  1. Fokus harus kuat

Keterampilan inovasi terakhir yang harus dimiliki para pemimpin adalah fokus yang kuat. Tentu saja, dalam hal menjadi inovatif dan mampu membuat dampak positif, para pemimpin harus memiliki fokus yang kuat pada apa yang ingin mereka lakukan untuk memberi manfaat bagi seluruh komunitas.Hal ini pasti berhasil dan membuat pengikutnya optimis.

Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu inovatif dari perspektif kepemimpinan, sehingga Anda bisa menjadi pemimpin yang kuat dan memahami kepemimpinan yang tangkas. (*)

Tanggapan