MENU
  • 0 Produk - Rp 0
  • Langkah Jitu Mendongkrak Brand Awareness

    Giberakata.com | Orang Indonesia lebih suka menyebut odol ketimbang pasta gigi. Sementara kaum ibu lebih mengenal kata pampers ketimbang popok, atau lebih suke menyebut Indomie ketimbang mie instan.

    Di Indonesia, memang banyak merek produk  yang dikenal secara lintas generasi, saking terkenalnya. Bagaimana sebuah merek bisa dikenal sehebat itu, sehingga mengendap di ingatan bawah sadar orang-orang?

    Pada artikel kali ini, giberakata.com ingin membahas langkah efektif untuk mendongkrak brand awareness suatu produk.

     

    1. Promo

    Promo adalah cara paling konvensional untuk meningkatkan brand awareness. Ini adalah langkah paling awal untuk mendatangkan pelanggan, agar tertarik membeli produk Anda.

     

    1. Customer Service

    Promosi memang bisa mengundang pelanggan, tapi bagaimana jika pelanggan kesulitan menggunakan produk yang Anda jual? Tak ada salahnya Anda menyiapkan servis pelanggan (customer service) yang baik.

    Di awal usaha, ada baiknya Anda sedikit berkorban dengan menyediakan layanan pelanggan 24 jam melalui Whatsapp atau bahkan telefon. Ketika pelanggan merasa terlayani dengan baik, mereka akan kembali membeli atau menggunakan produk Anda, menjadi loyal dan lalu merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

     

    1. Dokumentasi Lengkap

    Di masa lalu, pebisnis memublikasikan produknya melalui media cetak, seperti baliho, leaflet, majalah maupun koran. Ini bertujuan menyampaikan informasi yang selengkap-lengkapnya soal produk yang ditawarkan, agar lebih dikenali oleh pelanggan, maupun calon pelanggan.

    Memasuki era digital, promosi produk jadi lebih mudah, karena bisa  selengkap-lengkapnya melalui website. Dengan begitu, para pelanggan atau calon pelanggan, bisa mengenali produk Anda dengan baik, mulai dari portofolio produk, informasi kontak, hingga promosi.

     

    1. Membuat Desain Logo

    Logo adalah representasi simbolik dari produk bisnis Anda. Logo yang didesain dengan menarik, akan mudah diingat dan akhirnya meningkatkan brand awareness produk. Jangan ragu untuk menggunakan jasa konsultan atau jasa desain logo profesional untuk menangani hal ini.

     

    1. Kualitas Yang Konsisten

    Pelanggan adalah aset yang paling berharga dari sebuah bisnis. Ketika Anda sudah berhasil mendatangkan pelanggan, maka menjaga kualitas produk adalah harga mati. Rumusnya sangat sederhana : kualitas menurun, pelanggan lari.

    Konsistensi kualitas produk bisa didapatkan dengan secara berkala melakukan kontrol kualitas, baik dari segi produk, maupun layanan konsumen (customer service).

     

    1. Iklan

    Jika seluruh langkah sudah dijalani dengan baik, maka agar lebih otpimal, gunakanlah jasa iklan untuk mendongkrak  brand awareness dalam cakupan audience lebih luas. Saat ini, Anda bisa menggunakan kombinasi antara Facebook Ads dan Google Adwords untuk mengiklankan produk untuk meraih hasil optimal. ***

    Tanggapan