MENU
  • 0 Produk - Rp 0
  • Contoh Artikel SEO 2

    Ingin Punya Blog yang Disukai Pembaca? Simak Ini!

     

    Jika Anda seorang blogger, tentu ilfil sekali saat mendapati fakta bahwa website Anda sepi pengunjung. Apalagi jika blog itu ditujukan untuk keperluan bisnis. Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa memiliki Blog yang disukai pembaca?

    Tak perlu galau. Kondisi tersebut bisa diatasi. Hal yang yang perlu diingat adalah Anda tetap harus optimis dan tidak patah semangat.

    Di dunia blog, ada ‘rumus’ penting yang tak lekang dimakan zaman, yakni: konten adalah dagangan, dan pengunjung adalah raja.

    Faktanya, hal yang menjadi penentu tingkat kunjungan adalah bagaimana kita menyajikan isi yang menarik, dicari banyak orang, dan enak dibaca.

    Berikut adalah 10 tips agar artikel disukai pembaca, sehingga tak kapok berkunjung ke blog kita.

     

    1. Artikel Pendek

    Hindari membuat artikel yang terlalu panjang, dengan penyajian yang bertele-tele. Perbedaan antara artikel di blog dan media cetak adalah perangkatnya. Blog tersaji di layar elektronik yang relatif lebih mudah melelahkan mata.

    Sajikan artikel sederhana dan pendek, antara 400-600 kata. Umumnya, pembaca menyukai tulisan yang langsung ke sasaran, tidak banyak basa basi, dan cukup sekali baca.

    1. Penyederhanaan Kalimat

    Blog bisa jadi sarana untuk unjuk keahlian penulisnya. Namun, pengunjung yang mampir ke blog Anda belum tentu memiliki tingkat keahlian yang sama dengan Anda. Maka, tetaplah sajikan artikel yang simpel dan mudah dipahami, oleh kaum awam sekalipun.

    Olah hal yang rumit jadi sederhana. Sebaliknya, hindari hal-hal sederhana yang dijelaskan secara rumit. Dengan cara ini, sebenarnya tak sulit mengahasilkan blog yang disukai pembaca.

    1. Koreksi Kesalahan

    Tuliskan ide-ide yang ada dalam pikiran Anda, dan biarkan semuanya mengalir. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan akhir sebelum artikel diposting. Mengoreksi saat proses pembuatan tulisan dipastikan bakal mengganggu fokus Anda saat menulis.

    Upayakan untuk meminimalkan typo, agar kenyamanan pembaca tetap terjaga.

    1. Hindari Bahasa Chat

    Hindarilah bahasa short message service atau bahasa chat, yang dipenuhi banyak singkatan. Selain menganggu penyajian, bahasa seperti ini juga tidak enak dibaca.

    1. Menjaga Aliran Tulisan

    Blog yang disukai pembaca biasanya memiliki artikel-artikel dengan tema yang kuat. Jaga aliran tulisan Anda, agar tetap konsisten dan relevan, dari awal hingga akhir. Hapus kalimat-kalimat yang tidak berhubungan dan tidak perlu, untuk menghindari kesan bertele-tele.

    1. Tema yang Disukai

    Tulislah tema yang Anda sukai, atau sesuai dengan passion Anda. Menulis tentang hal yang disukai diyakini bakal meningkatkan semangat menulis, sehingga mempu mendongkrak produktivitas.

    1. Posting Artikel Secara Berkala

    Hal yang harus terjaga dari sebuah blog adalah konsistensi. Buatlah artikel secara rutin, dalam waktu tertentu. Jika pembaca sudah tertarik dengan artikel Anda, maka besar kemungkinannya mereka bakal menantikan karya Anda berikutnya.

    1. Minta Masukan

    Tak ada salahnya Anda minta masukan atau pendapat dari pembaca, sehingga Anda bisa membuat tema artikel yang benar-benar dibutuhkan.

    Dengan cara ini, karya Anda akan semakin ditunggu, sehingga potensi ntuk menghasilkan blog yang disukai pembaca kian terbuka. (*)

     

     

    Keywords: blog yang disukai pembaca

    Tanggapan