Cara Menyulap Ide Cemerlang Jadi Tulisan

Giberakata.com | Ide kinclong kadang datang setelah kita membaca banyak referensi, bisa juga seusai kita ngobrol ngalor ngidul dengan seorang teman yang cerdas dan kaya gagasan. Tapi, tak jarang pula ide muncul mendadak secara begitu saja.

Sayang rasanya jika kita membiarkan ide itu lewat, tanpa kita ‘tangkap hidup-hidup’. Di lain waktu, saat kita mulai menggarap naskah artikel dan berhadapan dengan monitor laptop, sang ide itu malah gak muncul-muncul.

Namun kadang juga bisa terjadi ketika ide sudah dalam genggaman, kita mengalami hambatan saat menuangkannya dalam bentuk tulisan. Jadi, gimana dong?

 

Sekali Duduk

Sobat, jangan pernah berpikir bahwa tulisan akan jadi dan tuntas dalam sekali duduk. Tulisan itu biasanya merupakan perkumpulan dari berbagai ide kecil yang kemudian menyatu.

Ide-ide itu sulit diatur kemunculannya. Dia bisa datang kapan dan di mana saja. Maka, saat ide itu datang, biasakan untuk menuliskannya sesegera mungkin, entah saat sedang berada di kantin, di mobil, atau saat lagi santai-santai di rumah maupun warung kopi.

Untuk membahasakan ide itu dalam sebuah tulisan, Anda bisa coba untuk menuliskan dulu seadanya, apa pun yang melintas di pikiran. Jangan dulu berharap tulisan “ala kadarnya” itu harus berupa paragraf yang ideal, terstruktur, rapi, dan keren.

Tak apa dalam bentuk coret-coretan dulu, yang penting semua ide dan pikiran tertuang seluruhnya. Anggaplah Anda sedang curhat, tetapi dalam bentuk tulisan. Jika sudah terbongkar dan keluar semua unek-unek maupun ide Anda, nanti bisa dibaca ulang dan direvisi.

Revisi pun tak harus langsung tuntas saat itu juga. Anda bisa melakukannya setika mood sedang di puncak, atau ketika kinerja pikiran sedang lancar.

 

Banyak Membaca

Bisa dibilang, banyak-banyak membaca merupakan tips atau nasihat jadul. Tapi, percaya atau tidak, banyak membaca sangat menolong ketika terjadi kebuntuan dalam menulis.

Keluasan wawasan karena gemar membaca bakal membantu membukakan pintu “keluar” ketika Anda menemukan kesulitan saat menulis, dan memberikan banyak pilihan sudut pandang bagi Anda.

Pastinya, semakin banyak referensi, semakin mudah bagi Anda untuk menyusun kata dan kalimat dalam bentuk tulisan.

Tapi, jika Anda masih bingung untuk menuangkan ide Anda ke dalam tulisan, jasa penulisan artikel Gibera Kata bisa membantu Anda menuntaskan pekerjaan menulis Anda. Pokoknya tahu-tahu beres deh.

Artikel opini, deskripsi, personal branding, SEO, atau copywriting, semuanya oke. Harga bersaing dan selesai tepat waktu. Cek saja di www.giberakata.com, atau bisa konsultasi dulu via WA 0831-2772-4761. ***

Tanggapan