Cara Asyik Meracik Artikel Ilmiah Populer

Cara Asyik Meracik Artikel Ilmiah Populer 1

Giberakata.com| Jujur ya, nulis artikel ilmiah populer itu gampang-gampang susah. Terlihat gampang, karena di situ ada istilah “populer”. Artinya, bahasa yang digunakan cukuplah bahasa awam yang mudah dimengerti, dan tidak njelimet.

Namun, “menyederhanakan” fakta-fakta ilmiah ke dalam bahasa populer ternyata tak semudah teorinya. Butuh skill khusus yang tidak datang begitu saja.

Bahkan, bagi kaum akademisi yang biasa menulis karya ilmiah (tanpa kata”populer”), proses ini bisa jadi tantangan tersendiri.

Karya ilmiah populer adalah suatu karya tulis yang disajikan ke hadapan massa secara populer pada berbagai macam media, baik cetak maupun online.

Karya ilmiah populer ini memiliki karakter khas, menarik, berisi, namun isinya dapat diserap dengan mudah oleh banyak orang. Termasuk artikel ilmiah di antaranya adalah artikel opini dan esai.

Berikut adalah trik jitu membuat artikel ilmiah populer yang enak dibaca.

  1. Carilah hal yang unik dan bermanfaat

Dapatkanlah poin-poin yang menarik, bermanfaat, dan unik bagi masyarakat umum. Sumber tulisan bisa berasal dari jurnal, tulisan ilmiah, laporan hasil perjalanan ke lapangan, atau hasil penelitian. Termasuk di dalamnya adalah data lapangan yang walaupun belum dituangkan ke dalam bentuk laporan, namun memiliki potensi ketiga hal tersebut.

Agar tulisan dapat memenuhi target ‘menarik, bermanfaat, dan unik’, di saat menulis, anggap kita sedang ngobrol dengan pembaca. Buatlah seolah-olah sedang berdialog dengan mereka.

Setelah draf tulisan bergaya ‘ngobrol’ selesai, bila memungkinkan, berikan pada satu atau dua orang terdekat untuk diminta tanggapannya sebagai bahan penyempurna tulisan.

  1. Menentukan media

Penting untuk menentukan di media mana tulisan ilmiah populer itu akan ditayangkan nantinya.  Apakah akan di majalah ilmiah populer, website resmi kantor/institusi, media online, ataukah blog pribadi hingga facebook dan instagram.

Pilihan media mengakibatkan perlunya melihat ketentuan penulisan di media tujuan, karena tiap media memiliki ketentuan dan kriteria tersendiri dalam penayangan artikel, kecuali media (sosial) milik sendiri.

  1. Meminimalkan istilah ilmiah

Unsur utama yang membedakan tulisan ilmiah dengan ilmiah populer adalah bahasa yang digunakan. Ilmiah populer benar-benar menghilangkan penggunaan istilah ilmiah, dan menggantinya dengan istilah umum, mudah dimengerti, dan variatif.

Kendati demikian, penulisan ilmiah populer tetap harus memperhatikan kaidah sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan kata-kata baku dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (PUEBI/KBBI).

  1. Pendukung tulisan

Untuk menarik minat pembaca, artikel ilmiah populer perlu didukung ‘alat bantu’ yang dapat berupa grafik, foto, infografik, hingga kutipan wawancara langsung.  Bahkan, diperbolehkan juga untuk menyisipkan opini demi menguatkan maksud penulis.

Foto dapat menguatkan tulisan namun seringkali terlupakan karena kehilangan momen. Disarankan agar sedini mungkin penulis sudah  memikirkan artikel apa yang akan dibuat dan foto apa saja yang akan ditayangkan.

Pastikan foto-foto bukan asal ilustrasi, melainkan relevan dengan tema tulisan.

  1. Pesan utama di awal tulisan

Sekarang ini sudah zaman instan dan serba cepat. Pesan utama perlu disajikan di bagian awal, agar pembaca langsung tahu apa yang akan dibahas, dan tertarik untuk ‘melahap’ pesan-pesan berikutnya hingga tuntas.

Guna menyampaikan pesan secara efektif, penulis perlu memperkuat kemampuan mempara-frasakan suatu kalimat (dari tulisan asalnya) dan memprosesnya ke dalam format yang sederhana, padat, komunikatif, dan menarik.

Yuk, mulai berlatih menulis, dan jangan lupakan juga untuk memperbanyak aktivitas membaca. Hambatan utama bagi yang baru belajar menulis adalah terlalu banyak berpikir, kurang kaya kosakata, atau terlalu banyak pertimbangan.

Mulailah menulis secara padat dan singkat, misalnya 300-500-an kata, yang secara bertahap terus ditingkatkan.

Namun, Jika Anda merasa bingung untuk memilih kata-kata dan masih galau dari mana harus mulai menulis, santai saja dan tak perlu stres.

Jasa penulisan artikel Gibera Kata siap membantu Anda, menuliskan artikel ilmiah popuper paling keren yang Anda butuhkan. Tahu-tahu rampung deh, pokoknya.

Tak hanya melayani artikel ilmiah populer, Gibera Kata juga siap mengerjakan artikel SEO, copywriting, dan deskripsi produk untuk website Anda, dengan harga bersaing. Ada diskon pula. Cek saja di www.giberakata.com atau konsultasi via WA di 0831-2772-4761. ***

Tanggapan