Cara Asyik Membuat Artikel Opini

Cara Asyik Membuat Artikel Opini 1

giberakata.com | Jujur deh, tak semua orang memiliki kemampuan menulis. Padahal, aktivitas menulis memungkinkan Anda mempergemuk pundi-pundi pribadi.

Tetapi jika Anda tekun mengasah diri menulis artikel opini, maka bukan tak mungkin kemampuan Anda yang satu ini melesat, dan menghadirkan peluang masa depan bisnis yang kinclong.

Agar mahir menulis opini, Anda perlu banyak membaca, mengasah dan berlatih agar kosakata Anda selaras saat membentuk kalimat. Namun, jika Anda masih bingung saat membuat artikel opini, ada beberapa tips artikel opini, yakni:

1. Temukan tema yang sedang trending

2. Buatlah outline atau kerangka artikel yang hendak Anda tulis

3. Gunakan kata-kata yang tidak monoton dan komunikatif

4. Siapkan judul yang menarik

5. Pembuka dan penutup yang menarik

 

Tema yang sedang trending
Carilah tema yang sedang trending untuk dijadikan bahan tulisan. Banyak-banyak atau sering-seringlah membaca berita terkini, dan kuasai informasi terkait fenomena atau peristiwa tertentu, yang menarik minat Anda.

Membuat outline artikel
Buatlah pola dasar atau outline, untuk memudahkan Anda dalam menulis artikel opini. Anda juga dapat menentukan mana yang akan ditulis lebih dulu, ditulis di bagian tengah, dan kalimat mana yang akan ditulis di bagian akhir.

Kata-kata yang tidak monoton dan komunikatif
Sangat disarankan menggunakan bahasa yang tidak monoton. Tujuannya agar pembaca dapat memahami opini yang ditulis, dan tidak bosan membacanya. Upayakan juga Anda menuliskannya secara sistematis.

Siapkan judul yang menarik
Ada satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan. Berilah artikel opini Anda judul yang singkat, padat, jelas dan menarik. Dengan begitu, orang akan tertarik dan langsung merasa kepo dengan isi tulisan Anda.

Pembuka dan penutup yang bagus
Alinea pertama yang Anda tuliskan wajib memiliki daya darik sedemikian rupa, sehingga pembaca merasa penasaran untuk menuntaskan membaca tulisan Anda. Lalu pada bagian penutup, berilah kalimat pernyataan yang berisi harapan, prediksi atau semangat optimisme yang  nendang, agar pembaca tidak merasa antiklimaks saat membaca bagian akhir dari tulisan Anda.

Namun, bila Anda tetap merasa kesulitan membuat artikel opini, Anda bisa memesan artikel berkualitas ke jasa penulisan artikel Gibera Kata atau melalui laman giberakata.com. Gibera Kata akan melayani kebutuhan artikel Anda untuk berbagai tema, dengan harga yang sebanding dengan kualitas produknya. Yuk pesan!***

Tanggapan