7 Tools Terbaik untuk Riset Keyword Artikelmu

7 Tools Terbaik untuk Riset Keyword Artikelmu 1

Giberakata.com | Pentingnya melakukan riset keyword dalam strategi pemasaran digital tidak dapat dipandang sebelah mata.

Dengan meningkatnya persaingan di dunia online, para pemilik bisnis dan pemasar perlu memastikan bahwa mereka menggunakan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik konten mereka.

Dalam upaya membantu para profesional SEO dan pemasar online, terdapat berbagai alat yang tersedia. Dalam artikel ini, giberakata.com akan membahas 7 alat SEO gratis terbaik yang dapat digunakan untuk riset keyword.

Alat-alat ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam terkait kata kunci yang relevan, tetapi juga membantu merumuskan strategi SEO yang lebih efektif.

Dengan mengoptimalkan penggunaan alat-alat ini, para pelaku bisnis dapat memaksimalkan potensi situs web mereka dan meningkatkan peringkatnya di mesin pencari.

1. Google Keyword Planner

Alat SEO yang pertama yang kami sarankan untuk menjadi pilihan Anda adalah Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner merupakan bagian dari platform iklan yang dimiliki oleh Google, menyediakan layanan untuk menemukan serta menganalisis kata kunci yang menjadi target.

Hingga saat ini, Google Keyword Planner tetap menjadi favorit banyak individu untuk mencari kata kunci yang relevan.

Keunggulannya terletak pada database kata kunci yang selalu diperbarui secara real-time, dan menyediakan informasi mengenai tingkat persaingan di mesin pencari.

Kehadiran database kata kunci yang komprehensif ini mempermudah Anda dalam menentukan kualitas kata kunci yang akan digunakan, menjadi salah satu alasan utama mengapa alat ini menjadi pilihan banyak orang.

2. Ubersuggest

Tools selanjutnya adalah Ubersuggest, salah satu dari 7 SEO tools terbaik dan gratis yang tak boleh Anda lewatkan.

Untuk ukuran SEO tools gratis, Ubersuggest hadir sebagai alat dengan fitur lengkap, mulai dari overview performa domain, mendapatkan informasi rekomendasi keyword, laporan efektivitas SEO di masing-masing halaman, data backlink, bahkan ide konten.

Selain segala fitur yang disajikan, Ubersuggest merupakan alat dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah pengguna.

Tidak memerlukan waktu lama bagi pengguna, bahkan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan platform ini, untuk memahami cara kerjanya.

3. Keywordtool.io

Jika Anda sedang mencari alat yang memberikan informasi mengenai kata kunci long tail untuk optimalisasi teknik SEO, Keywordtool.io bisa menjadi pilihan yang tepat.

Platform ini dapat memberikan rekomendasi kata kunci long tail terbaik yang dapat Anda fokuskan.

Selain itu, kata kunci yang dapat Anda peroleh dari alat ini tidak hanya terbatas pada mesin pencari Google, tetapi juga mencakup kata kunci untuk YouTube, Bing, eBay, Play Store, Instagram, dan Twitter.

4. KWFinder

KWFinder adalah tool yang memiliki display halaman lebih luwes dan banyak memberikan informasi yang akan memudahkan pengguna dalam memanfaatkan platform ini.

Anda bisa mendapatkan banyak insight dari berbagai fitur yang tersedia di KWFinder, seperti KWFinder guide, keyword research guide, learn SEO, dan SEOPedia.

Cara kerja KWFinder mirip dengan tools keyword SEO lainnya, namun pada bagian Mangools, Anda juga bisa menemukan backlink analysis, rank tracking, SERP analysis, bahkan SEO metric & insight.

5. WordStream

WordStream, sebuah alat kata kunci, merupakan alat yang membantu pemasar di seluruh dunia dalam menjalankan pemasaran online.

WordStream menawarkan berbagai perangkat lunak khusus untuk pemasar di berbagai platform dan juga untuk bisnis skala kecil dan menengah.

Fitur pada WordStream dibagi menjadi dua kategori, yaitu fitur untuk pengiklan dan fitur untuk agen pemasaran. Setiap kategori fitur juga dilengkapi dengan alat pendukung yang akan meningkatkan kinerja Anda. Untuk pengiklan, terdapat berbagai alat mulai dari peringatan dan alat alur kerja yang menghemat waktu, dasbor pelaporan lintas platform, hingga solusi yang mudah digunakan untuk kreativitas iklan.

Sementara itu, untuk agen pemasaran, terdapat perangkat yang mempermudah pekerjaan dalam menjalankan strategi pemasaran digital, seperti alat terpadu untuk mendapatkan bisnis baru, pelaporan berbasis kecerdasan buatan untuk beberapa klien, dan alat sederhana untuk memfasilitasi pembuatan iklan kreatif.

6. Wordtracker

Wordtracker, sebuah alat SEO, juga berfungsi sebagai alat riset pasar. Pada satu halaman, Anda dapat menemukan baik kata kunci umum maupun kata kunci untuk iklan berbasis Pay Per Click (PPC).

Wordtracker tidak hanya menyuguhkan desain tampilan dan antarmuka pengguna yang mudah dipahami, tetapi juga menyajikan beragam opsi tampilan data.

7. LSI Keywords

LSI keywords adalah platform yang memungkinkan Anda mencari kata kunci utama dan topik yang relevan dengan konten yang akan Anda hasilkan. Untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang akurat, Anda dapat memasukkan hingga 10 kata kunci sekaligus.

Inilah 7 alat SEO gratis terbaik yang dapat digunakan untuk riset kata kunci. Coba satu per satu dan pilih beberapa yang dapat mempermudah Anda dalam mencari kata kunci potensial.

Ingatlah, membidik kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah memberikan peluang yang lebih besar bagi kesuksesan Anda. 🍃

Tanggapan