6 Langkah Mudah Menulis Artikel Opini

6 Langkah Mudah Menulis Artikel Opini 1

Giberakata.com | Tak semua orang piawai menulis artikel opini. Tetapi siapa pun bisa mempelajarinya. Bagaimana caranya? Gak sulit kok. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

  1. Menentukan Isu

Menentukan isu merupakan bagian paling awal yang perlu dilakukan dalam proses penulisan opini. Pilihlah isu yang sedang tren. Untuk itu, perlu rajin-rajin mengamati berbagai isu dan berita, baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media online. Pilihlah sumber informasi yang bisa dipercaya.

 

  1. Pengumpulan Data dari Berbagai Referensi

Langkah berikutnya adalah melakukan pengumpulan data guna memperkuat opini kita. Ingat ya, argumen dan dasar argumen sangat penting untuk tulisan opini.

Carilah sumber-sumber literatur yang relevan dengan tema. Pilih juga narasumber yang berkelas dan pemikirannya sudah diakui.

Data ini bisa kita dapatkan dari berbagai sumber seperti buku, artikel, blog, atau literatur lainnya.

 

  1. Pengolahan Data

Ini adalah bagian yang paling menentukan kualitas tulisan opini kita. Semakin kita cermat meracik data, maka semakin tajam pula artikel opini yang bisa kita hasilkan.

Keluarkanlah segenap kemampuan berpikir kritis, karena tulisan opini yang digemari tentunya yang kaya akan pemikiran-pemikiran fenomenal, dan tidak asal-asalan.

Pastikan data yang digunakan benar-benar relevan dengan opini yang kita ajukan, sehingga mampu mendukung kekuatan tulisan.

 

  1. Memberi Judul

Bikin judul ini gampang-gampang susah. Judul yang baik tidak terlalu panjang, melainkan langsung ke pokok persoalan, dan langsung mencerminkan opini kita.

Meski terdiri dari sedikit kata, tetapi judul haruslah menarik, dan membuat orang tergoda untuk membaca. Hindari judul yang “menipu”, artinya terlihat menarik, tapi beda dengan isi tulisan.

 

  1. Memberi Lead yang Bagus

Bagian setelah judul adalah lead. Jika lead tulisan bagus dan menarik, maka hal itu akan memancing pembaca untuk menuntaskan membaca sampai akhir. Menulis lead bisa dengan bentuk pertanyaan, pernyataan, deskripsi, kutipan, atau bahkan kesimpulan dari opini yang kita tulis. Lead biasanya diletakkan di paragraf pembuka.

 

  1. Bagian Akhir

Langkah terakhir dalam menulis opini adalah menutup tulisan dengan solusi yang ditawarkan, dibumbui beberapa penjelasan bersifat umum.

Tetapi bisa juga menutup tulisan dengan prediksi, tentunya berdasarkan fakta dan teori.

Pilihan lainnya adalah memilih menutup tulisan dengan “pernyataan mengambang”, sehingga menyerahkan solusinya pada pembaca. ***

Tanggapan