5 SEO Tracking Tools Terbaik Tahun 2023-2024

5 SEO Tracking Tools Terbaik Tahun 2023-2024 1

Giberakata.com | Search engine optimization (SEO) adalah proses mengoptimalkan sebuah situs web untuk mencapai posisi teratas atau meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Tujuannya adalah memastikan situs web muncul di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan.

Lebih lanjut, SEO umumnya menggunakan berbagai teknik atau metode, seperti meningkatkan kualitas konten, membuat backlink, mengoptimalkan struktur situs web, dan optimasi kata kunci.

Selain itu, optimasi situs web dapat dilakukan dengan bantuan alat SEO. Melalui alat-alat SEO ini, seseorang yang mengoptimalkan situs web dapat mengukur dan menganalisis kinerja SEO untuk mengetahui langkah-langkah yang diperlukan guna peningkatan performa.

Melalui alat pelacakan SEO, kamu juga biasanya dapat menemukan beberapa fitur berikut ini:

Analisis keyword
Analisis backlink
Analisis konten
Monitoring kompetitor
Analisis lalu lintas

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia banyak sekali alat pelacakan SEO yang dapat membantu kamu menganalisis website.

Yuk, simak beberapa rekomendasi alat pelacakan SEO selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Google Analytics
Alat pelacakan SEO merupakan salah satu alat wajib bagi para pemilik website. Pasalnya, platform ini menyediakan peralatan untuk alat SEO pengguna website dan data performa website yang lengkap, seperti bagaimana pengunjung berinteraksi, demografis, hingga pelacakan konversi.

Adapun fitur utama Google Analytics adalah sebagai pemantauan lalu lintas, memonitor data pengunjung secara real-time, memahami persona pengunjung, dan masih banyak lagi. Sayangnya, Google Analytics seringkali terkesan sulit dijalankan oleh pemula karena terkesan teknis.

2. SEMrush
Bagi penggiat SEO, tentunya sudah tidak asing dengan alat pelacakan SEO yang satu ini. SEMrush merupakan alat all-in-one untuk optimasi mesin pencari, pemasaran media sosial, dan pemasaran konten.

SEMrush terbilang menjadi alat yang populer karena memiliki banyak sekali fitur dan informasi yang berguna bagi profesional SEO dan pemasar untuk memahami dan meningkatkan performa website mereka dalam mesin pencari. Alat ini mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Selain itu, SEMrush memiliki banyak integrasi dengan platform dan alat lain, seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Majestic, membuatnya menjadi solusi satu atap untuk kebutuhan optimasi mesin pencari.

Dengan SEMrush, pengguna juga bisa meningkatkan SEO On Page dan Off Page dengan memanfaatkan beberapa fitur yang ada, seperti riset persaingan yang berupa ringkasan performa domain, riset kata kunci, link building, SEO On Page & teknis, dan pelacakan peringkat. Data analisis SEMrush pun terbilang lengkap dan bisa ditampilkan dengan tabel yang ringkas dengan informasi yang singkat dan padat.

3. Ahrefs
Hampir sama seperti SEMrush, Ahrefs merupakan alat SEO serbaguna yang ada sejak 2011. Adapun beberapa fitur utama Ahrefs antara lain Pemeriksaan Situs untuk mengoptimalkan performa SEO On Page, Penjelajah Situs untuk menganalisis pesaing, Penjelajah Kata Kunci, Penjelajah Konten untuk menemukan konten yang sedang populer. Kemudian, Pelacakan Peringkat.

Tidak hanya menyediakan fitur yang lengkap, Ahrefs juga memiliki antarmuka pengguna (UI) yang baik dan Panduan Penggunaan pada setiap alatnya sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

4. Moz
Selanjutnya, ada Moz yang terkenal sebagai alat SEO dengan fitur optimasi lengkap. Fitur unggulan Moz mencakup analisis backlink, kata kunci, dan lain sebagainya.

Untuk menikmati semua fitur unggulannya, kamu bisa berlangganan Moz Pro terlebih dahulu.

Moz digemari karena memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, membantu pemasar dan profesional SEO memahami performa website mereka dalam mesin pencari.

Moz juga memiliki database backlink yang kuat dan memiliki banyak fitur yang berguna untuk optimasi mesin pencari, seperti laporan posisi situs web dan alat optimasi teknis.

Tool ini juga memiliki integrasi dengan alat lain seperti Google Analytics dan Google Search Console.

5. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan alat SEO yang terkenal karena serbaguna dan dapat membantu optimasi secara on page dan off page.

Tiga fitur utama tool ini antara lain Keyword Analyzer yang dapat menganalisis kekuatan kata kunci, memberikan kata kunci yang relevan, hingga menampilkan laporan performa kata kunci yang bersangkutan.

Kedua, SEO Explorer yang dapat menganalisis SEO on page, memberikan informasi mengenai backlink, dan informasi terkait SEO. Terakhir, Competitive Analysis di mana memberikan data SEO beberapa kompetitor sekaligus.

Itulah lima alat pelacakan SEO populer yang banyak digunakan pada 2023, dan diprediksi masih tetap jadi andalan di tahun 2024.

Alat SEO menjadi langkah yang efektif untuk menjalankan strategi SEO kamu. Namun, kamu juga perlu memiliki keahlian dan menguasai teknik-teknik optimasi SEO agar lebih optimal.

Selain itu, setiap alat SEO juga memiliki keunggulannya masing-masing sehingga kamu bisa mengkolaborasikan satu alat dengan alat lainnya.

Selain menggunakan alat SEO, jenis hosting yang kamu gunakan juga tidak kalah penting untuk kualitas website kamu. Pastikan menggunakan layanan yang cepat, aman, dan dari provider tepercaya. ***

Tanggapan