4 Strategi Digital Marketing yang Paling Sering Digunakan

4 Strategi Digital Marketing yang Paling Sering Digunakan 1

Giberakata.com | Pemasaran digital adalah suatu strategi yang senantiasa mengalami perubahan secara terus menerus, seiring dengan perkembangan tren dan perilaku pengguna internet.

Tidak cukup hanya duduk santai dan menikmati hasilnya, melainkan Anda harus cepat beradaptasi untuk mengikuti perkembangan strategi pemasaran digital yang terus berkembang.

Bagaimana dengan tahun ini? Sudahkah Anda melakukan penelitian mengenai strategi pemasaran digital yang umum digunakan oleh pengguna internet?

Berikut adalah empat strategi pemasaran digital yang paling ‘laris’ dan sering digunakan saat ini.

1. Menampilkan Konten Video

Baru-baru ini, penggunaan konten video sebagai bagian dari strategi pemasaran digital mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak individu yang menghabiskan berjam-jam untuk menonton video di platform seperti Youtube.

Setiap harinya, kita sering menemui konten video yang dibagikan melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter (X), Instagram, Path, serta melalui aplikasi perpesanan seperti Line dan WhatsApp.

Saat ini, pembuatan konten video juga tidak lagi memerlukan keahlian khusus atau perangkat lunak tertentu. Bahkan, orang yang tidak memiliki latar belakang teknis pun dapat membuatnya hanya dengan menggunakan aplikasi pengeditan video pada smartphone mereka.

Sebagai pebisnis online, penting untuk tidak mengabaikan potensi konten video sebagai sarana promosi bisnis online Anda.

Segera mulai mempelajari cara membuat konten video dengan mengikuti tutorial atau belajar langsung dari para ahli.

2. Menggunakan Image dengan Konsep Fotografi

Tren terkini dalam perilaku pengguna internet menunjukkan kecenderungan untuk mengabadikan objek dengan komposisi dan sudut pengambilan yang unik, menciptakan foto-foto yang mampu menceritakan suatu kisah atau terlihat lebih hidup.

Ini menjadi penting bagi pebisnis online untuk memperhatikan aspek ini. Misalnya, dalam bisnis fashion, sangat disarankan untuk menggunakan model dalam pemotretan produk, baik itu dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Penting untuk tidak mengabadikan produk secara sembarangan atau meletakkannya begitu saja di tanah. Pastikan setiap foto terlihat menarik dan mampu menyampaikan cerita.

Sama halnya dengan bisnis kuliner, di mana objek makanan bisa difoto dari sudut pandang yang pas agar setiap orang yang melihatnya merasa tergoda.

3. Caption Foto atau Video yang Pas

Memposting foto atau video membutuhkan caption yang mendukung. Buatlah teks yang sesuai dan berfokus pada berbagi informasi, bukan melakukan penjualan langsung.

Berbagi konten yang memiliki nilai tambah di media sosial dapat meningkatkan interaksi antara Anda dan para pengikut Anda.

4. Bikin Konten Unik

Membuat konten yang unik dan mendorong pengguna internet untuk memberikan Like pada postingan Anda memang merupakan tugas yang tidak mudah.

Oleh karena itu, Anda perlu merancang suatu konsep yang luar biasa dan menerapkannya dalam bentuk foto atau video.

Sebagai salah satu strategi digital marketing yang umum digunakan saat ini, konten yang unik dapat diciptakan dengan memanfaatkan topik yang sedang populer di kalangan pengguna internet dan menciptakan suatu humor dalam bentuk foto atau yang lebih dikenal sebagai meme.

Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang relevan saat Anda membagikannya di media sosial agar dapat lebih mudah ditemukan.

Melaksanakan strategi digital marketing yang umum digunakan saat ini merupakan aspek penting yang perlu selalu diperbarui secara berkala.

Langkah ini diambil dengan tujuan meningkatkan keterlibatan dengan para pengikut Anda dan memperkenalkan bisnis online Anda lebih luas kepada masyarakat.

Apabila Anda memiliki anggaran promosi yang khusus, bijaklah dalam menggunakan iklan berbayar. Menggunakan platform-platform seperti Google Adwords, Youtube Ads, Facebook Ads, Twitter Ads,

atau bahkan Instagram Ads memang memerlukan investasi yang cukup besar. Terutama jika Anda mengharapkan hasil konversi yang sesuai dengan target yang Anda tetapkan.

Meskipun demikian, jangan ragu, penggunaan layanan iklan berbayar dapat memberikan dorongan signifikan pada iklan Anda, dan penjualan pun dapat meningkat secara signifikan apabila Anda mampu menyajikan konten yang memikat. 🍃

Tanggapan