10 Niche Blog Paling Cuan di Tahun 2022

10 Niche Blog Paling Cuan di Tahun 2022 1

Giberakata.com | Niche tak hanya berfungsi sebagai acuan produksi konten, namun juga sebagai salah satu penentu kesuksesan sebuah blog. Niche blog yang tepat tak hanya mengundang banyak traffic, melainkan juga mengganjar pemilik blog dengan seabrek keuntungan.

Niche blog itu apa sih? Dan niche apa saja selalu ramai pengunjung dan paling cuan?

Fungsi Niche Blog

Niche blog adalah area topik yang jadi fokus konten sebuah blog. Niche blog memungkinkan Anda untuk mempersempit audiens dan membuat konten yang jauh lebih relevan bagi para pembaca.

Jadi, sederhananya niche blog ini membantu Anda lebih terarah dalam mengisi konten di blog Anda. Niche blog ibarat guidance awal dalam memilih keywords dan apa yang ingin ditampilkan di blog Anda.

 

Baca Juga:

Metaverse, Pengertian dan Cara Kerjanya

Efek Menakjubkan Copywriting

 

Untuk itu, niche blog punya peran krusial untuk eksistensi blog Anda dalam jangka panjang. Tanpa kejelasan niche, banyak blogger jadi galau saat menentukan tema yang ingin dia tulis minggu ini. Akibatnya, blog terbengkalai dalam kurun waktu tertentu.

Dampak buruk lainnya jika sebuah blog dikembangkan tanpa niche, kemungkinan besar tidak memiliki pengunjung setia. Audiens-nya bisa berganti-ganti tergantung konten yang dibuat.

Di sisi lain, blog tanpa niche juga merepotkan mesin pencari mengidentifikasikan blog yang bersangkutan. Bila hal itu terjadi, ranking blog bisa macet, dan akhirnya traffic pun menjadi stagnan. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Untuk itu, lewat artikel ini, jasa penulisan artikel Gibera Kata merekomendasikan beberapa niche blog yang punya banyak fans dan paling cuan yang bisa Anda pilih. Cek yuk!

Nih dia daftarnya:

1. Keuangan

Niche seputar keuangan dan pengelolaan keuangan cukup digandrungi belakangan ini. Pasalnya, mulai banyak orang, terutama kalangan milenial dan gen z yang sadar tentang pentingnya edukasi finansial.

Namun, bila Anda blogger pemula, coba cari topik keuangan yang lebih spesifik dan lebih bagus lagi kalau Anda kuasai. Berikut beberapa contoh niche blog yang lebih spesifik terkait isu keuangan:

Informasi seputar mata uang kripto
Tips dan trik seputar gaya hidup hemat/minimalis
Tips dan trik seputar penganggaran
Tips dan trik seputar cara menabung untuk dana pensiun
Investasi
Tips dan trik mencapai financial freedom

2. Bisnis

Niche satu ini juga tak kalah banyak peminatnya. Salah satu topik yang paling sering dicari orang dari topik bisnis adalah tentang peluang usaha atau kewirausahaan. Berikut beberapa niche blog lain di seputar topik bisnis yang bisa Anda pilih:

Tips dan trik membangun startup
Freelancing
Manajemen keuangan bisnis
Hacks seputar produktivitas
Tips dan trik seputar hiring dan outsourcing

3. Marketing

Meskipun sektor marketing masih bagian dari isu bisnis, akan tetapi niche ini punya target audiens yang berbeda. Sayangnya, sudah banyak blog lain yang memakai niche ini. Untuk itu, penting bagi Anda menentukan niche yang lebih spesifik. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dipilih:

Content marketing
Social media marketing
Email marketing
Search engine optimization (SEO)
Pay-per-click advertising
Copywriting

4. Pendidikan

Pendidikan tergolong opik yang menjanjikan bila Anda ingin blog yang eksis dalam jangka panjang. Ada banyak sekali niche yang bisa dipilih dari topik pendidikan ini. Berikut beberapa di antaranya:

Study hacks
Tips dan trik seputar persiapan UTBK SBMPTN
Kursus online
Belajar bahasa
Persiapan kuliah ke luar negeri
Self/personal development

5. Travelling

Topik satu ini sudah jadi favorit sejak zaman blogspot.com jadi penguasa halaman pertama Google. Topik ini juga masih bertahan sampai sekarang dan diyakini bakal terus dicari banyak orang di masa mendatang.

Untuk itu, persaingan di topik ini juga sangat ketat. Tapi tenang,  jangan menyerah dulu. Sebab, banyak sekali micro niche dari topik ini yang bisa Anda pilih, seperti di bawah ini:

Kiat solo travelling
Kiat local travelling
Staycation
Digital nomad
Kiat tinggal di luar negeri

6. Makanan dan minuman
Serupa dengan travelling, topik satu ini juga seperti tidak ada matinya. Apalagi, jika Anda memiliki latar belakang kuliner, atau suka mencoba berbagai makanan dan minuman, topik ini patut dicoba. Agar berbeda dari food blogger lainnya, berikut micro niche yang bisa Anda pilih:

Review restoran/cafe viral
Resep vegan
Tips diet enak
Organic food

7. Fashion and beauty
Tren fashion dan beauty berkembang dengan cepat, berubah-ubah dalam sekejap, sehingga topik ini pasti akan terus dicari orang. Audiens yang tertarik dengan topik ini biasanya selalu haus dengan ide-ide segar di seputar fashion dan beauty.

Ini adalah peluang yang bisa Anda selami. Apalagi kalau Anda punya ketertarikan di bidang tersebut atau pernah punya harapan ingin memiliki skincare atau baju hasil endorse, topik ini sangat menggiurkan. Berikut beberapa ide micro niche yang bisa Anda kembangkan:

Review produk skincare
Tutorial make up
Tips dan trik mendapatkan rambut yang sehat
Tips merawat kulit
Trifting mode
DIY skincare atau produk skincare terjangkau

8. Kesehatan
Topik kesehatan sebenarnya cukup sensitif dan tak sembarangan orang bisa mengangkat isu ini. Akan tetapi, topik kesehatan sendiri cukup luas, sehingga ada beberapa topik yang bisa ditulis oleh siapa saja. Berikut beberapa di antaranya:

Self care atau tips seputar merawat diri
Kesehatan mental
Men’s and women’s health
Home workout
Rutinitas hidup sehat

9. Relationship
Topik relationship juga banyak dicari karena isunya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Isunya pun luas sekali mulai dari intrapersonal, interpersonal, hingga extrapersonal relationship. Berikut beberapa niche seputar relationship yang bisa Anda pilih:

Tips hidup berumah tangga
Tips dan trik menyusun rencana pernikahan
Informasi seputar kehamilan
Parenting
Informasi seputar perceraian

10. Games
Games adalah hobi yang disukai banyak kalangan dan tak pernah ketinggalan zaman. Selalu saja ada games baru dan pasti ada saja penggemar fanatik dari masing-masing games yang muncul, terutama games online. Apalagi kini, banyak orang yang tertarik main games sekaligus untuk mencari cuan. Berikut beberapa ide niche seputar games yang bisa Anda pilih:

Review games online
Kiat dan tutorial bermain games
Playstation
XBOX
RPG
Board games

Memang, belum tentu kesuksesan yang sama terjadi pada blog Anda. Namun, Anda tetap punya peluang  memenangkan kompetisi niche blog. Tetap semangat ya!

Baca Juga:

Tips Jitu Menulis di Media Digital

Ingin Membuat Tagline yang Nendang? Simak Ini!

 

Tanggapan